Monday, March 11, 2013

First Review BlackBerry Z10: Kesimpulan

Pada dua artikel first review BlackBerry Z10 sebelumnya, Vincent sudah membahas sisi hardware dan software. Di bagian terakhir ini, akan diulas lebih lanjut mengenai keberadaan aplikasi, kualitas baterai, serta kamera Z10.
Aplikasi & Ekosistem
BB 10 telah didukung lebih dari 70 ribu aplikasi – termasuk aplikasi esensial seperti Facebook, Twitter, LinkedIn, Foursquare, WhatsApp, dan Angry Birds. Tapi, belum ada Path, Instagram, dan Pinterest. Jumlah ini masih jauh dari harapan, tapi rasanya sudah cukup untuk saat ini.
Orang kerap terlalu meributkan masalah jumlah aplikasi di dalam sebuah lingkungan sistem operasi. Itu penting, tapi saya tidak pernah menganggapnya sebagai faktor penentu keputusan. Toh, sehari-hari pun Anda tidak menggunakan sampai 25 – 30 aplikasi.
Berbicara dari sudut pandang developer, BB 10 menawarkan lingkungan pengembangan yang lebih baik daripada BB 7 dan Android.
Baterai
Z10 tentu saja tidak seawet Motorola Razr Maxx HD, tapi baterainya cukup mampu bertahan hingga satu hari penggunaan. Saya tidak menganggapnya mengganggu, meskipun banyak orang yang mengeluhkan kualitas baterai ini.
Kamera
BB 10 menampilkan beberapa keunggulan pada kameranya. Beberapa di antaranya mungkin terasa sebagai gimmick saja.
Ketika dalam mode kamera, Anda bisa mengetuk di bagian layar mana saja untuk mengambil gambar. Tidak ada tombol khusus, yang saya anggap menarik.
Feature unggulannya adalah “Time Shift” yang memungkinkan Anda mengambil banyak foto dalam burst mode, kemudian memilih hasil terbaik. Feature ini hadir dengan face recognition yang dapat mengenali wajah tertentu dan memilih ekspresi terbaik. Pasti berguna dalam situasi foto berkelompok.
Mutu kameranya secara umum biasa-biasa saja. Tapi, kualitas videonya lebih baik dibandingkan smartphone papan atas lainnya di pasaran.
Kesimpulan
BlackBerry Z10 is wonderful. Ini satu langkah besar dalam kemajuan BlackBerry. Banyak feature-nya yang lebih baik daripada yang ada di pasaran saat ini. OS, keyboard, dan browser adalah beberapa di antaranya.
Jumlah aplikasi masih harus ditingkatkan dan BlackBerry juga mesti bekerja keras untuk meningkatkan kualitasnya dalam 12  bulan ke depan.
Apakah BB 10 lebih solid daripada Android? Ya. Apakah Z10 lebih baik daripada iPhone 5? Dalam beberapa hal, ya.
BlackBerry hari ini mengingatkan saya pada Apple pada tahun 2007 – berani, penuh semangat, dan inovatif.